3.9 MEMAHAMI BAGAN DAN KONSEP KERJA SERVER SOFTSWITCH BERKAITAN DENGAM FBX
B.BAGAN DAN KONSEP KERJA SERVER SOFTSWITCH BERKAITAN DENGAN PBX
1.pengertian PBX
salah satu perkembangan komunikasi yang di signifikan dapat dilihat dari besarnya pertumbuhan jaringan data dan meningkatnya pemahaman publik mengenai paket switching. pada intinya, perusahaan tidak hanya membutuhkan paket switching pada jaringan untuk data saja tetapi membutuhkan ketersediaan internet sebagai sistem pengiriman global pada saat sistem telepon.PBX menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan internet dan menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik. (PSTN-Public Switched Telephone Network) melalui Trunk,yaitu penghubungan jalur komunikasi antara pengiriman dengan penerima melalui central office jaringan ini menghubungkan telepon dengan faksimile modem dan hal lainnya yang menjadi perpanjangan dari kemampuan sistem PBX melalui Trunk.
Telepon dengan sistem pbx bukan hanya berfungsi untuk kegiatan telepon, namun juga dapat mengirim pax atau modem akses internet. PBX(Private Branch Exchange) sebagai perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi/pengatur antara bagian internal (extention to extention) dengan eksternal (out going and incoming).secara umum. Pbx berperan sebagai penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area yang lebih luas (public). Sementara itu, PABX (Private Aoutomatic Branch Exchange) identik dengan alat penyambung (switch) untuk mengatur komunikasi telepon masuk dan telepon keluar secara efisien dan efektif di kantor, ruko komarukan, rumah bertingkat asrama, dan bangunan lainnya.
sistem PBXmemiliki kode telepon untuk menghubungkan satu saluran dengan saluran luar (DDCO-Direct Dial Central Office) dan diikuti dengan dengan nomor eksternal. Sistem pbx dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di central office maupun di DDCO.membuat anak keuntungan utama dengan sistem pbx adalah penghematan biaya pada panggilan telepon internal dan menghindari 'tabrakan' (collision) jaringan telepon internal dalam suatu perusahaan.namun, hal yang perlu dipahami adalah layanan awal yang disediakan pbx sistem belum mencakup hunt group, call perwading dan extension dialing. pbx disimulasikan dan kemudian dikenal dengan sistem pada tahun 1960 di mana centrack melayani fitur-fitur serupa pbx yang berasal dari pusat jaringan telepon.pbf dapat dibedakan dari adanya sistem kunci yang dilakukan secara manual ketika seseorang menekan nomor tujuan.
Secara otomatis pbx akan menuju jalur sesuai dengan nomor tujuan. sistem ini disebut dengan hybird systems sebagai sebuah sistem kunci yang dibuat dengan memilih jalur keluar khusus dengan menekan nomor external.secara umum, terdapat perbedaan mendasar antara PBX, PABX, DAN IP PBX. IP PBX menggabungkan cara telepon konvensional dengan VOIP, di mana kabel telepon dan intranet menjadi satu. Meskipun menelpon menggunakan internet atau cara konvensional tetap dapat saling terhubung.banyak perusahaan memilih ini karena menghemat biaya dan multifungsi titik pada PBX seringdiganti namanya menjadi PMBX (private Manual Branch Exchange) karena membutuhkan kinerja manusia guna menukar setiap kabel telepon dari penelpon menuju penerima di sebuah papan komputer. PABX menggantikan kinerja manusia dengan peranti server komputer yang mengatur arah datang dan menujunya telepon secara otomatis. Tetapi, terkadang seseorang dibutuhkan sebagai pengawas alat PABX sebagai pembantu bagi yang tidak mengerti cara kerja menelpon menggunakan PABX.
2. PROSES KERJA PBX SERVER SOFTSWITCH
FUNGSI IP PBX mirip dengan cara kerja proxy server. Sebuah software contohnya softcon mendaftar ke IP PBX dan ketika mengalami panggilan secara otomatis semua sistem itu akan terhubung pada IP PBX dan IP PBX memiliki daftar semua telepon seluler (ponsel) sesuai SIP.Mereka berhubungan dengan rute jaringan internal dan menggunakan gateway VOIP.faktor lainnya yang turut melahirkan sistem pbx adalah ide fokus pada kompetensi inti, sebab layanan pbx cenderung mengalami kesulitan jika diterapkan untuk mengatur perusahaan kecil karena tidak memiliki kompetensi inti dalam penanganan telepon di dalam perusahaan titipertimbangan ini memunculkan konsep host pbx dalam host tersebut keberadaan pbx akan dikelola oleh pusat penyedia layanan telepon beserta berbagai fitur dan panggilan telepon yang dikirim melalui internet. Pelanggan hanya perlu mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan tersebut dibandingkan harus membeli dan memelihara perangkat keras PBX yang mahal. Dengan kata lain, sistem layanan telepon dipindah dari private menjadi central office. Sebuah sistem IP PBX (PBX server softswitch) terdiri atas satu atau lebih dari telepon SIP, server IP PBX dan secaterhubung ke jalur server, clients dalam bentuk software (softphone) atau perangkat keras berbasis telepon seluler (ponsel)
Sumber : buku TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN(TLJ)
Komentar
Posting Komentar